Saturday, February 25, 2017

Hal Yang Wajib Diketahui Dari Beras

Hal Yang Wajib Diketahui Dari Beras



   Beras merupakan salah satu bahan pangan yang wajib ada dalam setiap harinya karena dari beraslah  makhluk hidup mendapatkan tenaga dan gizi-gizi yang tergantung didalamnya. Khususnya di Indonesia sampai-sampai banyak berbagai macam olahan dari beras yang bertujuan agar tidak bosan untuk memakan makanan dari bahan ini untuk tetap bisa mendapatkan manfaatnya. 

1.Pengertian Beras
  Beras adalah bagian butir padi (gabah) yang telah dipisahkan dari sekam. Sebelum menjadi beras harus melewati proses-proses tertentu untuk melepaskan sekam padi agar lebih mudah untuk mengkonsumsinya. Pada salah satu tahap pemprosesan hasil panen padi bagian luar padi (sekam) juga dapat berubah menjadi makanan ternak biasa disebut dengan bekatul yang bermanfaat untuk ternak-ternak yang suka dengan bekatul.
  Umumnya beras tumbuh sebagai tanaman musiman (tahunan). Tanaman padi dapat tumbuh hingga setinggi 1-1,8 meter, ciri daunnya panjang dan ramping dengan panjang 50-100 cm dan lebar 2-2,5 beras yang biasanya siap dikonsumsi berukuran panjang 5-12 mm dan tebal 2-3 mm.

2.Kandungan Beras
  Bagian terbesar didominasi oleh pati yang membuat kita menjadi kenyang (sekitar 80-85%), beras juga mengandung protein,vitamin,mineral dan air. Pati beras tersusun dari dua bagian karbohidrat: 
  • Amilosa,pati dengan struktur tidak bercabang 
  • Amilopektin,pati dengan stuktur bercabang dan cenderung bersifat lengket
perbandingan posisi kedua golongan pati ini sangat menentukan warna (transparan atau tidak) dan tekstur nasi (lengket,lunak,keras,atau pera). Ketan hampir sepenuhnya mengandung amilopektin sehingga sangat lengket, sementara beras pera memiliki kandungan amilosa melebihi 20% yang membuat butiran nasinya terpencar-pencar (tidak menempel) dan keras.

3.Macam-macam Jenis Beras
  • Beras putih, sesuai namanya beras yang dihasilkan berwarna putih agak transparan karena hanya sedikit memiliki aleuron,kandungan anilosa dan mudah didapatkan.
  • Beras merah, mengandung (aleuron) yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu muda.
  • Beras hitam, sangat langka disebabkan insensitas gen yang tinggi sehingga berwarna pekat mendekati hitam.
  • Ketan atau beras ketan, berwarna putih tidak transparan.
  • Ketan hitam, merupakan versi ketan dari beras hitam.
4.Waspada!!!
   Sekarang banyak orang-orang nakal demi mendapatkan keuntungan yang banyak dengan mencampurkan bahan pemutih atau bahan yang berbahaya bagi tubuh. Agar pembeli percaya para oknum-oknum nakalini menggunakan merek yang terkenal, khususnya untuk para ibu-ibu jangan sampai tergiur karena bentuk yang bagus,bersih,putih dan mengkilat tapi juga aromanya dan kandungan yang terdapat pada beras tersebut terjamin aman untuk dikonsumsi. 
  Dampaknya akan mengancam kesehatan kita,bukannya kita tambah sehat tapi malah mendapatkan penyakit yang berbahaya bagi tubuh kita. Maka dari itu berhati-hatilah untuk memilih beras untuk kebutuhan kita.
Comments
0 Comments

0 comments: