Saturday, February 18, 2017

Teman, awal dari PERSAUDARAAN





TEMAN

    Tema yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai teman. Didunia ini tidak ada manusia yang tidak memiliki teman,semua orang pasti memiliki teman. Nah, sebenrnya ada apa sih,dengan teman? Apakah teman berpengaruh terhadap kesuksean kita dimasa yang akan datang? Lalu, bagaimana kita mendapatkan teman yang baik? Mari kita bahas satu per satu

    Negara kita,kaya akan budaya,agama,ras dan suku bangsa.Dengan begitu,berarti banyak sekali keaneka ragamannya,baik dari segi budaya,ekonomi dan sosial serta adat istiadatnya.Berbeda, bukan alasan kita untuk saling bertengkar dan mengejek.Tetapi dengan perbedaanlah kita bisa membuat negara ini lebih baikdengan rasa persatuan dan kestuan. Ingat,ingat dan ingat! Semboyan negara kita adalah Bhinneka Tunggal Ika ( Walaupun berbeda-beda, tetapi tetap satu ) 

Kita hidup didunia,tidak mungkin seorang diri.Kita memerlukan orang lain untuk teman hidup,karena manusia adalah makhluk sosial, atau makhluk yang memerlukan bantuan makhluk lainnya. Jadi,kita harus berbaur dengan orang-orang yang ada disekitar kita sebagai teman hidup. Lalu, apa itu teman? Sebagian besar orang menjawab, teman adalah orang yang kita kenal dan dekat dengan kita. Kita bebas mengartikan apa itu teman, yang jelas orang yang berada disamping kita dan sudah mengenali kita serta mau berbagi, itulah yang disebut teman.Tetapi kita tidak boleh memilih sembarang orang untuk kita jadikan teman.

Lalu, bagaimana orang yang harus kita pilih untuk dijadikan teman? Apakah harus sama dalam hal agama, ras, atau suku bangsa?
Agar kedepannya kita menjadi manusia yang lebih baik,maka kita harus pintar dalam hal memilih teman. Seperti apakah teman yang baik untuk kita? Langsung saja, ini dia :
a) Menerima apa adanya
Teman yang baik pasti tidak akan membedakan siapa kita.Kaya,miskin,Kristen,Islam,Jawa,Sunda atau yang lainnya akan dianggap sama.Karena kita adalah Indonesia.Ia tidak peduli dengan apa agama kita,suku kita, dan lainnya. Jika teman kita sudah mau menerima kita dengan tulus dan apa adanya,maka akan tercipta keharmonisan.




b) Taat pada aturan
Mengapa harus taat aturan? Karena jika teman kita selalu melanggar aturan,dia akan terkesan bukan anak yang baik.Dan, apabila peraturan yang dibuat manusia saja bisa ia langgar, apalagi peraturan dari Tuhan, ( kewajiban dan larangan-Nya)? Maka dari itu,pilihlah teman yang taat pada aturan. Baik itu aturan dari Tuhan maupun aturan yang diciptakan manusia.Hal ini akan menjadikan kita manusia yang lebih disiplin dan bertanggung jawab.
c) Kuat
Hah,kuat??? Apakah teman kita harus kekar? Atau atlet binaraga? TIDAK. Lalu, apa maksud dari kuat dalam pertemanan? Kuat yang dimaksud adalah orang yang mampu menahan hawa nafsunya ketika ia marah,dan dia mampu menguatkan dan memberikan motivasi kepada kita untuk lebih tabah dan sabar dalam menghadapi permasalahan yang kita alami. Jika teman kita kuat, maka kita pun harus kuat agar setiap masalah yang dihadapi mampu dibentengi dengan motivasi dan iman. Jadi, kuat disini bukan orang yang kuat angkat beban yah... hehehehe...


d) Penuh canda dan tawa
Kita berteman,tidak selalu harus serius dan berdiam diri saja. Tetapi kita juga harus seimbang dalam hal keseriusan dan menyelesaikan masalah dengan bercanda sebagai sarana untuk menghibur diri. Dan perlu diingat bahwa bercanda boleh, namun bercanda pun ada batasan-batasannya.Jangan sampai bercanda membuat sakit hati teman kita sendiri.

Sebelum mengakhiri blog ini, saya ada kata-kata mengenai teman.
"Teman adalah sesuatu yang berharga dalam hidup kita.Carilah teman sebanyak mungkin, tetapi ketika kita sudah mendapatkan banyak teman, janganlah kita lupakan teman yang lama,Jangan menanggap rendah teman, hargailah teman kita, hormati teman kita dan dukunglah apa kemampuan yang dimiliki teman untuk hidupnya yang lebih baik. Begitupun sebaliknya"

Sekian, terima kasih






Comments
0 Comments

0 comments: