Friday, February 24, 2017

Hutan Mangrove

   Hutan Mangrove adalah hutan daerah yang pohonya bisa hidup dalam lingkungan berkadar garam tinggi. Ciri tanaman mangrove memiliki akar yang menyembul kepermukaan,hutan mangrove menampakan mangrove seperti hamparan semak belukar yang memisahkan daratan dengan laut.


Hutan mangrove adalah suatu kelompok jenis tumbuhan berkayu yang tumbuh disepanjang garis pantai tropis dan subtropis yang terundung dan memiliki semacam bentuk lahan pantai.
   Fungsi hutan mangrove 
Hutan mangrove memiliki peran ekologis yang besar bagi kehidupan manusia. Hutan ini memiliki banyak fungsi seperti penyediaan sumber makanan,bahan baku industri,mencegah banjir,mencegah erosi,hingga fungsi mencwgah erosi,hingga fungsi mencegah rekeasi.
   Mencegah intrusi air laut 
Mangrobe mempunyai kemampuan untuk beradaptasi terhadap salinitas air laut salah atunya dengan kelenjar khuaus pada daunnya yang dapat mengeluarkan garam. Lapisan mangrove paling depan (mengarah kelaut). Biasanya mempunyai kemampuan beradaptasi dengan salinitas tinggi semakin kebelakang area mangrove semakin tawar. Dengan adanya kemampuan ini hutan mangrove dipercaya bisa mencegah intrusi air laut.


    Satwa yang ada dihutan mangrove
Habitat berbagai fauna, mulai dari satwa air hingga perimata. Mangrove menjadi tempat berkembang biak berbagai satwa air seperti ikan,udang-udangan,kepiting dan moluska. Beberapa jenis burung air juga memiliki tempat ini untuk berkembang biak.

Mungkin hanya ini yang saya sampaikan mengenai hutan mangrove,cukup sekian dan terima kasih.



Comments
0 Comments

0 comments: