Friday, October 7, 2016

Cara Membuat Tiang Rumah Beton







     Sebelum membuat cor pada tiang beton. Pertama yang harus disiapkan dan dipasang adalah papan yang berfungsi sebagai cetakan dan penahan tiang sehingga tidak menjadi miring dan arahnya tetap lurus ke atas.
      Bahan utama yang dipakai untuk membuat papan pengecoran adalah kayu kelapa/gelugu,kayu randu,dsb. Bahkan multipek bekas bisa digunakan. Jadi tidak perlu kualitas nomor 1. Yang penting kayu tersebut kuat menahan beban ketika dicor.
      Bahan tambah lainnya adalah paku dan kawat sebelum dibuat da dipasang ukuran tiang beton harus ditentukan terlebih dahulu. Ukuran tiang harus disesuaikan dengan besar dan tinggi bangunan yang dibuat serta jumlah yang akan dipasang.
    Masalah yang sering muncul yaitu papan pengecoran jadi membesar. Hal ini disebabkan karena muncul tekanan dari material cor. Yang lebih parah karena tidak kuat menahan beban bisa mengakibatkan susunan papan jadi rusak dan jebol.
      Maka prosesnya harus diulangi dari awal kembali. Lalu untuk pemasangannya harus diperhatikan dengan seksama agar posisi beton berada ditengah-tengah. Jangan terjadi beton terlalu kekiri /terlalu kekanan. Jika terjadi bisa menimbulkan akibat cukup fatal.
       Kemudian yang terakhir setelah semua material cor masuk ke dalam papan pengecoran. Agar bisa berdiri dengan tegak berikan penahan dari tiang kayu yang dipasang disetiap sisinya pekerjaan ini bertujuan untuk melindungi tiang beton agar tiang beton tidak miring.
Comments
0 Comments

0 comments: