Friday, February 15, 2013

LUMPIA SEMARANG


lumpia semarang
lumpia semarang
Kota Semarang punya kuliner yang cukup terkenal yaitu lumpia. Lumpia ini merupakan makanan kecil yang lezat sekali. Banyak para wisatawan yang ke kota Semarang tidak lengkap rasanya kalau tidak makan makanan lumpia ini, dikarenakan citarasa yang lezat perpaduan dari citarasa China dan asli orang semarang sendiri.

SEJARAH LUMPIA SEMARANG

Lumpia berasal dari China. Kata LUMPIA tepatnya berasal dari bahasa Hokkien lun-pia yang merupakan istilah lain dari popiah (makanan sejenis lumpia, tapi ukuran lebih besar). Resep lumpia goreng maupun basah, dibawa dari imigran China provinsi Fuking ke Asia Tenggara dan menjadi terkenal ketika sampai di Indonesia dan Filipina.
Menurut sejarahnya, lumpia Semarang ini diciptakan dan dirintis oleh pasangan suami-istri China-Jawa sekitar satu abad yang lalu. Pasangan suami istri tersebut sebelum menikah memang merupakan penjual lumpia dengan rasa khas budaya dari masing-masing daerah. Pemuda China bernama Choa Taiyu yang berasal dari Fuking menyajikan lumpia dengan resep Hokian, sedang Mbok Warsih sebagai orang pribumi mempunyai ramuan khas Semarang. Dari perpaduan rasa Hokiang dan Semarang inilah, makanan lumpia menjadi kebanggaan warga Semarang dan kini telah diwarisi oleh keempat generasinya.

BAHAN PEMBUAT LUMPIA SEMARANG

Lumpia semarang ini  memiliki bahan baku yang mudah di dapat di pasar tradisional. Bahan- bahannya yaitu kulit lumpia sendiri yang terbuat dari tepung terigu yang diolah hingga membuat lembaran berbentuk lingkaran, telur, rebung (bambu muda), udang. Kadang pada udang bisa juga diganti dengan daging ayam atau daging sapi. Ketika sudah jadi dan disajikan, biasanya lumpia ini disajikan dengan sauce yang berwarna coklat dan kental, cabai rawit, daun bawang, dan sayuran selada mentah sebagai pelengkap lumpia semarang
Comments
0 Comments

0 comments: