Sunday, October 8, 2017

keutamaan membaca AlQuran

Pahala Membaca AlQuran

         Abdullah bin Mas'ud berkata, "Rasulullah bersabda : "Siapa yang membaca satu huruf dari AlQuran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan gandakan menjadi 10 kebaikan, dan aku tidak mengatakan ( alif lam mim) satu huruf akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR.Tirmidzi dan disahihkan didalam kitab Shahih Al Jami', no.6469).
Kebaikan membaca Alquran
       Dari 'Aisyah dia berkata :"Rasulullah bersabda; " Orang yang membaca AlQuran dengan mahir, maka dia bersama malaikat yang mulia lagi taat. Sedangkan bagi yang membaca AlQuran dengan terbata-bata dan bacaan itu sulit baginya maka dia mendapat 2 pahala (pahala berusaha lancar/mahir dan mahir membaca)." HR.Bukhari-Muslim.
        Dari Abu Musa al Asy'ari dia berkata ; "Rasulullah bersabda :"Perumpamaan seorang mukmin yang membaca AlQuran bagaikan buah utrujah, aromanya wangi dan rasanya enak. Perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca AlQuran bagaikan buah kurma, tidak ada baunya tetapi rasanya manis, sedangkan perumpamaan orang munafik membaca AlQuran bagikan buah raihanah, aromanya wangi tapi rasanya pahit, dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca AlQuran bagaikan buah hanzalah, tidak ada aromanya dan rasanya pahit".HR.Bukhari-Muslim.
 Syafaat bagi yang membaca AlQuran
          Dari Abu Umamah Al Bahily berkata: "Aku telah mendengar Rasulullah bersabda: "Bacalah AlQuran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat kepada orang yang membacanya."(HR.Muslim).
Anjuran memperindah suara ketika membaca AlQuran
         Dari Abu Lubabah basyir ibn Abdul Mundzir, Rasulullah bersabda:" Barangsiapa yang tidak melantunkan bacaan AlQuran(dengan bacaan tartil tidak mendayu-dayu sehingga keluar dari kaidah tajwid) maka dia tidak termasuk golongan kami." HR.Abu Dawud.\ 
Comments
0 Comments

0 comments: