
mungkin banyak yang bertanya mengapa iklan rokok tidak ditampilkan bentuk rokoknya? yang ada hanya iklan rokok tanpa
menampilkan wujudnya. Walaupun begitu tetap saja orang yang melihat
iklan tersebut pasti tahu iklan apa itu sebenarnya. Ide-ide untuk
pembuatan iklan rokok memang sangat kreatif mulai dari parodi,
lifestyle, kritik atau yang abstrak sekalipun pasti orang akan mengerti “ini pasti iklan rokok”. Disadari atau tidak
image sebuah
rokok itu akan terbayang dalam pikiran kita sehingga kita bisa tahu
iklan-iklan rokok itu seperti apa. Dan disetiap iklan rokok pasti ada
jargon dan makna yang tersirat dibalik iklan rokok tersebut. Seperti
misalnya:
“Djarum Coklat, Nikmat” yang
berarti menghisap rokok tersebut terasa nikmat bagi si perokok dan itu
berarti membuat para perokok membayangkan “apa iya rokoknya nikmat?”
atau “senikmat apa sih rokoknya?” sehingga membuat orang penasaran dan
tertarik untuk mencoba atau membelinya. Atau dari ”Sampoerna Hijau,
Nggak Ada Loe Nggak Rame” maksudnya tanpa rokok jadi kurang asik atau
seru sehingga membuat orang merasa ada yang kurang tanpa ada rokok
(contoh ini buat para perokok), disadari atau tidak tapi memang itu
kenyataannya. Banyak orang yang terbiasa merokok mulai dari SD, SMP,
SMA atau perguruan tinggi. Dan disini saya tidak membahas bahaya merokok
dan dampak negatifnya karena pasti sudah tahu dampaknya seperti apa.
Dan kenapa iklan rokok tidak menampilkan wujud rokok itu sendiri?
ternyata ada peraturan yang mengatur dan melarangnya yang
intinya dilarang menampakkan secara eksplisit orang merokok maupun
wujud rokoknya. Sehingga jelas kenapa wujud rokok tidak pernah ada di
iklan manapun baik cetak, elektronik, atau pada papan
billboard.
Ada 1 fakta yang harus kita tahu, seperti pada video “
Sex, Lies & Cigarettes’- Vanguard Sneak Peek”
yang ditampilkan di Youtube yang intinya bahwa dinegara maju seperti
Amerika Serikat merokok itu sudah dilarang dan kalaupun ada harganya
sangat mahal, untuk 1 bungkus rokok Marlboro Reds seharga $12 atau
sekitar 100 ribuan. Tapi kenapa di Indonesia rokok begitu mudah
didapatkan? bahkan anak dibawah umur boleh merokok. Mungkin ini adalah
sebuah trik pemasaran dari perusahaan rokok Amerika, karena di Amerika
rokok sudah dilarang beredar secara luas maka berinvestasi di Indonesia
karena peraturan mengenai rokok masih belum dapat diterapkan secara
tegas (banyak pertimbangan dan dampak sosial seperti PHK pekerja pabrik
rokok) sehingga mereka merasa bebas untuk memasarkan produknya disini.